Galeri

TULUNGAGUNG– Kelompok KKN 329 UIN Sunan Kalijaga yang bertempat lokasi KKN di Desa Tanggulturus melaksanakan salah satu program kerja unggulan berupa seminar literasi dengan tema “Menggali Potensi Sejak Dini : Langkah Awal Membangun Budaya Literasi”, pada Senin (29/07/2024). Tujuan diadakan seminar literasi ini mengajak para murid dan guru khususnya SD Tanggulturus I dan III khususnya, untuk lebih senang dalam membaca serta menulis. Sekaligus, mengetahui betapa pentingnya literasi di zaman sekarang.

Seminar literasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Tanggulturus, perangkat desa, perwakilan guru-guru dari SD di wilayah Desa Tanggulturus, dan tidak lupa murid-murid yang ikut berpatispasi dalam acara seminar literasi. Acara seminar literasi dibuka oleh Ketua penyelenggara acara sebagai perwakilan kelompok 329 KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Serta, sambutan dari kepala desa wilayah Tanggulturus. Adapun pemateri yang membuat seminar ini sangat menarik ialah Dr. Muhsin Kalida, S. Ag, MA. M.Pd. dengan didampingi oleh moderator Dina Marini.

Seminar berjalan dengan lancar dan antusias. Diawal acara para peserta seminar diajak mencari ide sekaligus diberi tips yang baik dalam menulis. Setelah itu, peserta diberi waktu selama 20 menit untuk mencurahkan ide nya dalam sebuah kertas yang sudah diberikan oleh panitia acara. Peserta seminar aktif dan kondusif selama sesi menulis bersama Kak Muhsin. Seminar ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada para pemari oleh Kepala Desa Tanggulturus.

Dengan berjalan nya salah satu program kerja kelompok 329 KKN UIN Sunan Kalijaga ini harapan nya dapat mendukung pengembangan literasi di Desa Tanggulturus. Sekaligus, memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi para guru, dan masyarakat setempat dalam membangun budaya literasi di lingkungan masing-masing, ujar Mansur selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan dalam akhir acara.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?